Mongolia merupakan salah satu negara yang bisa dikatakan cukup misterius dan tidak diketahui oleh banyak orang. Hal ini bukan karena sistem politik yang dianutnya tapi justru karena alasan geografis dan iklimnya. Jika kalian melihat peta, negara ini berdekatan dengan China dan Rusia. Terhimpit di antara 2 negara besar tentu mendatangkan konsekuensi sendiri termasuk ancaman keamanan.Tapi untung saja negara Mongolia dikaruniai bentangan alam yang cukup lebat bahkan bisa dikatakan ganas yang melindunginya dari ancaman negara lain.

Yang unik di Mongolia

Mengenal Berbagai Keunikan Mongolia

Meskipun tidak terlalu banyak informasi yang diperoleh, secara umum masyarakat negara tersebut disebut-sebut sangat ramah khususnya terhadap turis. Hal ini tentu saja tidak lepas dari salah satu sumber pendapatannya yang berasal dari pariwisata. Namun, jika kalian berencana pergi ke negara tersebut kalian harus memahami berbagai fakta dan keunikan di Mongolia terlebih dulu. jika kalian penasaran berikut ini adalah sedikit fakta unik di Mongolia.

1.   Jumlah penduduk sangat sedikit

Meskipun termasuk salah satu negara terluas di dunia, populasi negara tersebut sangat sedikit. Dengan luas wilayah  setara Alaska, Mongolia hanya memiliki penduduk sekitar 3,17 juta jiwa saja. Bandingkan dengan penduduk di Jawa tengah yang mencapai 32,3 juta jiwa. Oleh sebab itu, tidak heran jika negara tersebut bisa dikatakan sangat sepi sehingga bagi kalian yang menginginkan tempat liburan yang tenang dan jauh dari keramaian maka Mongolia bisa dijadikan alternatif.

2.   Tradisi nomaden

Banyak masyarakat Mongolia terutama yang masih mempertahankan cara hidup tradisional masih memegang tradisi nomaden. Bagi yang belum tahu, nomaden adalah cara hidup dimana masyarakatnya selalu berpindah-pindah tempat. Hal ini dilakukan untuk menghindari ganasnya alam Mongolia terutama saat musim dingin. Menurut beberapa sumber, sekitar 30-40% penduduknya masih memegang tradisi nomaden tersebut.

3.   Tempat yang dingin

Karena kondisi geografisnya, suhu di Mongolia terkenal sangat dingin. Bahkan di ibu kotanya yaitu Ulaanbaatar dinobatkan sebagai ibu kota negara terdingin di dunia. Hal ini bukan tanpa sebab, suhu di kota tersebut saat musim dingin bisa mencapai -1°C. sementara itu, di luar ibukota suhunya bisa lebih dingin lagi. Rata-rata suhu Mongolia saat musim dingin mencapai -30°C. oleh sebab itu, pastikan kalian membawa pakaian yang sangat tebal saat berkunjung kesana di musim dingin.

4.   Polusi udara yang tinggi

Ibu kota negara Mongolia disebut-sebut memiliki polusi udara yang sangat parah terutama saat musim dingin. Bahkan, levelnya sudah berada dalam tahap yang membahayakan. Polusi ini disebabkan oleh kebiasaan masyarakat Mongolia yang suka menghangatkan diri menggunakan batu bara. Oleh sebab itu, polusi bisa bertambah parah saat banyak orang menggunkan briket batu bara. Sehingga bagi kalian yang ingin berkunjung disarankan untuk menghindari traveling saat musim dingin dan pastikan ketersediaan penyaring udara (air purifier) di hotel kalian.

Festival unik di tengah cuaca dingin

unik di Mongolia

Selain terkenal dengan suhu dingin yang ekstrim, Mongolia juga terkenal memiliki banyak festival keren. Salah satunya adalah festival yang diadakan setiap bulan Maret di danau Khövsgöl. Saat musim dingin, danau terbesar kedua di Mongolia ini berubah menjadi danau es raksasa yang bisa dipijak. Festival yang disebut Festival Es Khövsgöl ini dihadiri dari berbagai macam suku di berbagai provinsi di seluruh negara.

Yang menarik, meskipun festival tersebut berlangsung di tengah cuaca dingin dengan suhu mencapai -40°C dan jalanan yang sangat berliku tapi banyak masyarakat Mongolia yang datang untuk bisa merayakan festival tersebut. Bahkan, dalam kurun waktu beberapa tahun kebelakang festival ini mulai menarik perhatian turis asing.  

Dalam festival tersebut, para turis akan diajak untuk mengamati dan ikut serta dalam berbagai kegiatan hiburan di festival tersebut. festival yang berlangsung selama 2 hari tersebut memang sarat dengan berbagai hiburan, makanan dan kegiatan-kegiatan tradisional khas Mongolia.

Pada hari pertama, aka nada kereta luncur yang ditarik oleh beberapa kuda melintasi danau tersebut. Turis bisa ikut serta dalam perlombaan tradisional seperti memanah dan tarik tambang. Sementara itu, untuk hari kedua akan diadakan kompetisi seperti pahatan es dan balap kereta kuda.

Dari penyelenggaraan tersebut, kalian bisa menemukan berbagai berbagai orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Namun, penduduk yang berasal dari suku, etnis, provinsi dan kepercayaan berkumpul bersama-sama untuk merayakan dan menghormati alam Mongolia. Terlepas dari berbagai kesulitan yang dialami selama musim dingin yang ganas di negara tersebut.

Hal ini merupakan daya tarik sendiri bagi masyarakat luas. Jika kalian memang tertarik dengan suasana alam yang masih asli, penduduk yang ramah dan suasana yang masih sangat tradisional maka berkunjung ke Mongolia merupakan alternatif terbaik. Terutama jika kalian bisa mengunjungi festival tersebut. selain hiburan kalian dijamin akan mendapat pengalaman berharga dan disuguhi oleh makanan khas Mongolia yang tidak bisa kalian temukan di tempat lain.